Spiga

Segalanya Menjadi Mudah

Sahabat, kalian pernah mengalami kesulitan ketika harus mengerjakan sesuatu? Belum lagi ditambah dengan banyaknya tugas dan menghadapi orang lain untuk menjelaskan atau mempresentasikan tugas tersebut? Tekanan itulah yang membuat kita sering menjadi stres dan bingung harus memulai dari mana.

Merunut dari permasalahan itu, rasanya kepraktisan akan membuat segalanya menjadi mudah, sedangkan kemudahan membuat orang menjadi senang untuk mengerjakannya. Sehingga kita tidak mudah untuk putus asa dalam menghadapi kesulitan, karena Allah SWT menjadikan sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan dan bersama kesulitan itu ada kemudahan.

Lihatlah di Al-Qur’an surah Al-Insyiroh Ayat 5-7: “karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai dari sesuatu urusan, tetaplah bekerja keras untuk urusan yang lain.”

Ada beberapa tips untuk menjadikan segalanya mudah antara lain:

1. Mengemas tugas sedemikian rupa, mengikuti kaidah SMART
S : Spesific, artinya terfokus pada satu titik apa yang kita kerjakan
M : Measurable, artinya terukur, baik kemampuan maupun alat bantunya
A : Achievable, artinya bisa tercapai
R : Realistic, artinya masuk akal
T : Time bound, artinya memiliki target waktu.

2. Tidak bersikap kaku/jangan terlalu formal/rileks
Pernah nggak ngalamin beberapa hal ini, seperti harus berhadapan guru atau dosen yang menurut sebagian besar orang disebut ‘killer’, bos galak, atau nyonya rumah yang feodal? Kalau belum terbiasa, akan mendadak lemes (mengalami penurunan kondisi fisik), lutut gemetaran, jantung berdebar atau pun mules. So apa yang mau diungkapkan mendadak hilang atau ngomong jadi belepotan.
Untuk itu, ucapkan Bismillah, lantunkan doa dan tetapkan hati, kemudian buat suasana rileks dan menempatkan suasana hati kita di hadapan rekanan kita dengan baik serta pandai-pandailah mengambil hatinya, agar tugas berjalan dengan sukses.

3. Bersikap proaktif
Jangan hanya menunggu kabar berita yang datang menghampiri, tapi cobalah untuk mencari perkembangan berita. Siapa tahu rekanan kalian itu sedang sibuk atau lupa, sehingga tidak memberi informasi. Singkatnya informasi tidak berjalan searah. Untuk itu harus dijemput.

4. Bagaikan mengasah pisau tajam
Semakin sering seseorang berhadapan dengan masalah, maka semakin terlatihlah ia. Seberat apapun masalahnya, karena sudah rutin dan sering dijumpai, maka menjadi hal yang biasa baginya.

5. Ciptakan unsur rekreasi
Jika kalian pergi ke sebuah tempat untuk menunaikan tugas, sertakan niat silaturrahim atau sekedar refreshing. Atau kalau melaksanakan tugas yang berat, anggaplah itu hanya tes mental untuk menguji kemampuan kita saja. Karena jika akhirnya tugas tidak terlaksana, maka tidak akan merasakan kekecewaan yang mendalam.

Setelah kita sudah berusaha sebaik-baiknya, setelah itu tawakal, hasilnya sepenuhnya kita serahkan kepada Allah SWT.

Semoga dengan tips ini, kita tidak mudah putus asa dan bisa menjalankan tugas dengan baik untuk mengumpulkan kepingan-kepingan kecil kesuksesan. Untuk mencapai susunan terakhir puzzle kesuksesan di dunia dan di akhirat.

19 comments:

Amanda

August 9, 2008 at 10:00 AM

mudah2an saya berhasil menghadapi guru killer yang gak bisa menghargai tugas anak-anaknya deh. Amiiin~

Sang Pejuang

August 10, 2008 at 9:26 PM

tapi kalo dibuat satu pilihan yang susah gimana ya? bagaimana makan buah simalakama gitu? untuk fokus ke satu arah trus arah yang lain?

Eucalyptus

August 11, 2008 at 3:58 AM

Tips yang cukup bagus neh, moga semua sukses ya dalam menghadapi semua rintangan

Shireishou

August 11, 2008 at 8:46 PM

nice tips.... aku tuh sebenernya kurang semangat dlm menghadapi rintangan. gampang strezzzz

Shirei

Rogan

August 12, 2008 at 1:00 AM

oce tipsnya bung ! thank ya

subagya

August 12, 2008 at 2:16 AM

Nice posting,
Semuanya di rangkai menjadi kalimat yang bermakna. di hubungkan degn kejadian di dunia dan akherat.
Lulusan pesantren yak?
Salam kenal

NAZA LUCKZANA

August 12, 2008 at 7:13 AM

aku idem ama dikau bro.. membuat semuanya menjadi mudah.dan kata orang bijak mengatakan."mencari sejuta alasan untuk mengatasi setiap masalah"

Go Out

August 12, 2008 at 10:23 PM

Wah, keren nih tipsnya ^^!

nasrudin ansori

August 12, 2008 at 11:58 PM

jadikan rintangan sebagai tantangan.
yg muda yg bersemangat..!

noki_afandi

August 13, 2008 at 2:42 AM

dikampus ada 1 dosen killer banget ampe 1 kelas nilai merata D dan C. padahal udah belajar serius dan fokus tp tetap saja

Novee

August 13, 2008 at 7:21 AM

hahaaa..
surat al insyiroh tuh andelan bgt..
selalu di dzikirkan kl ngadepin kesulitan demi berharap tangan2 Allah untuk membantu memberikan solusi.. heheee..

SatoNa

August 14, 2008 at 3:10 AM

waa.. aku juga sering banget stress kalo dah banyak kerjaan. bingung gitu harus mulai dari mana.. tapi emank bener banget yaa.. rileks tuh bikin kita malah jadi lebih gampang mikir n' melihat tujuan utama nya.. ^^

SatoNa

ipanks

August 14, 2008 at 5:03 AM

setubuh sama om eh salah setujuh hehehe

ipanks

August 14, 2008 at 5:13 AM

jalani aja deh apa adanya ntr pasti selesai dgn sendirinya

Ani

August 17, 2008 at 8:39 PM

Terimakasih atas tips2nya...semoga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari2...

AHEAD

August 19, 2008 at 2:01 AM

tips nya boleh nih dipraktekin.,..

Sang Pejuang

August 22, 2008 at 5:14 AM

padahal aku sempat mencermati postingan ini.. dan bahkan sempat buat komentar sebelumnya...!! eee... kemaren beberapa hari yang lalu aku buat keputusan untuk melakukan sesuatu yang gak bisa kulakukan bersamaan namun aku paksakan.. akhirnya memang kedua2nya berantakan...!!! aaah bulan agustus 2008.. bulan yang beraaaaat,...

The_Phenomenon

August 26, 2008 at 8:24 PM

Hohoho...
Bener bro...
Semua harus ada pagu nya...
Thanks ya dah ingatin ane lagi

heny

October 17, 2008 at 1:17 AM

semua tergantung mindset kita, kalau kita yakin bahwa kita bisa, insyaAllah dengan pertolongan Allah kita akan bisa....karena Allah sesuai dengan prasangka hambaNya

http://carakusehat.blogspot.com