Spiga

Lulus Ujian!

Segores kenangan saat lulus SMA pun terulang kembali. Ada yang pake aksi corat-coret, ntraktir teman, pawai sorak-sorai, bahkan juga ngetrek keliling kota. Lebih tragis lagi, keselamatan jiwa pun untuk sementara dilupakan.
Kalau kita bercermin layaknya seorang muslim, jelas, hal itu dinilai sangat mubazir. Betapa tidak. Semestinya seorang muslim meluapkan keberhasilan dan kemenangan dalam tasbih dan istighfar (QS. An-Nashr: 1-3). Sebab boleh jadi pada saat yang sama, teman kita yang lain sedang bergumul dengan kesedihan akibat dari kegagalanya.
Sekarang mungkin anda masih bisa tertawa lebar tanpa mengerti dan mau mengerti kesedihan orang lain. Tapi begitu kegagalan itu berbalik dan menghampiri, misalnya: gagal meraih PTN yang diminati, apa mau dikata? Mau gigit jari atau malah menangis? Akankah lebih baik jika kita introspeksi diri. Sudah maksimalkah usaha saya, baik kerja maupun do’a? Kalau sudah, mungkin ini ujian dari Allah SWT. Bukankah Allah Maha Tahu, apa yang terbaik bagi umat-Nya?
Nah, bila usaha telah digencarkan, bahkan segala daya dan upaya guna meraih cita-cita telah dikerjakan. Adalah paling baik bila kita serahkan seluruhnya (tawakkal) kepada Allah SWT (QS. Ali-Imran:159). Bukankan tawakkal adalah sebaik-baik sikap setelah berusaha dengan penuh kesungguhan.
Ingat, Ujian Masuk Perguruan Tinggi hanya sebuah fase, bukan segala-galanya. Dan keyakinan itu sangat perlu ditanamkan agar dapat menentramkan hati sekaligus menyiapkan mental untuk dengan lapang dada menerima takdir Allah bahwa lulus atau pun tidak lulus adalah ujian. Yah, ujian dari Allah SWT.
”Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak akan diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka. Maka sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut:2-3)

17 comments:

Sang Pejuang

July 28, 2008 at 12:29 AM

Baju ku gak kucoret2 kok... suueeer...!!! eman buat adekku he,,he,,,!!!

SHALEH

July 28, 2008 at 10:30 PM

Untung baju wkt SMA kemaren disumbangin buat mereka yang membutuhkan.. jadi ga mubazir.

rizky

July 28, 2008 at 11:05 PM

Hal yang mubazir...

GrapZ

July 28, 2008 at 11:46 PM

gw ga pernah coret2 baju....kena marah kepsek hehhehe

ujan

July 29, 2008 at 6:38 PM

mahal beli piloxnya kalo mw corat-coret.. hhehe..

stuju saya.. mubazir banget.. mending disumbangin aja tuh baju2.. kalo perlu sekolah yang bikin program sumbangan itu..

yusdicool

July 30, 2008 at 9:51 PM

iya ya...bagusan disumbangin ke orang2 yg ga mampu *padahal punya saya masih saya simpan :p*

SatoNa

July 31, 2008 at 5:49 AM

haha.. skl ku dulu ga ada coret-coret baju gitu.. soalnya bajunya juga dah baju batik. kl mo coret2 yah ga keliatan. hehe..

SatoNa

uNieQ

July 31, 2008 at 7:48 AM

waktu cc lulus SMA *ga usah nanya tahunnya ya??ntar ketauan umurnya hehehe* begitu selesai nerima pengumuman, bajunya langsung dimint ma pihak sekolah.. buat langsung di sumbangin, so ga pake coret2 juga heheh

ipanks

July 31, 2008 at 9:02 AM

aku doakan deh supaya bisa diterima di PTS yg diinginkan.

Lyla

July 31, 2008 at 10:57 PM

wahhhh selamat ya... lulus ujian hehehe

wisesasekai

August 3, 2008 at 8:11 AM

100% Setuju dengan statementmu....

Mubadzir pol tuh corat-coret baju. PAdahal masih banyak yang membutuhkan seragam.

GrapZ

August 4, 2008 at 5:57 AM

iya tuh...kalo aku juga ga dicorat-coret...kena marah ortu juga soalna :)

subagya

August 4, 2008 at 11:39 PM

Selamat lulus ujian and kalau mengingat masa lalu kayanya merasa bersalah deeeh. Sayang memang di coret-coret padahal masih ada yang mebutuhkan

The_Phenomenon

August 5, 2008 at 12:16 AM

Bro...
Kapan lagi posting yang baru neh???

Diana

August 5, 2008 at 3:00 AM

Salam kenal dek (eh bener yaa...) Thx sdh mampir ya... Soal seragam,kalo di sekolah ibuku, anak2 dilarang coret2 seragamnya,malah dikumpulin u cadangan adik kelasnya (kehujanan pas dateng ke sekolah atau u yang fakir), begitu...

Slugger

August 6, 2008 at 7:18 PM

aku ga corat coret baju ko...sumpah....

noki_afandi

August 13, 2008 at 2:39 AM

baju noki ga dicoret, cuma sobek2 karena aksi tawuran waktu lulus