Spiga

Sekolah Untuk Menjaga Fitrah

Teman-teman, sekolah tempat kita belajar adalah lingkungan terdekat kita. Tempat kita menghabiskan waktu paling lama, setelah di rumah. Sekolah juga merupakan tempat bergaul yang paling luas dari kecil hingga dewasa kelak.
Sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah, orang tuanyalah yang menjadikan Nashrani, Majusi atau Yahudi.
Apa sih fitrah itu? Fitrah itu artinya suci, tidak ada dosa seperti saat kita dilahirkan. Nah, selama di sekolah banyak sekali yang mempengaruhi diri kita. Untuk itu, kita belajar di sekolah selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, yang baik maupun yang buruk dengan segala akibatnya.
“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah); tetaplah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu”. (QS. Ar Ruum: 30)
Kewajiban utama mendidik anak adalah orang tua. Berarti, rumah adalah tempat pendidikan yang pertama. Karena, orang tua telah menitipkan pendidikan anak ke sekolah, berarti sekolah juga sebagai tempat untuk menjaga fitrah murid-muridnya sebagai manusia yang berakhlak mulia.
Selain itu, di sekolah harus tetap menjaga fitrah diri. Juga kita tetap menjaga keimanan kita yang lurus hanya kepada Allah Swt saja. Baik selama proses belajar mengajar, mendapatkan prestasi belajar, dan memecahkan soal-soal dalam pembelajaran, maupun bergaul bersama teman-teman juga harus tetap berpedoman pada fitrah yang lurus itu.
Allah Swt juga memerintahkan kita untuk menjaga diri dan keluarga kita menjauhi dari api neraka.
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka …” (QS. At Tahrim: 6).
Sekolah merupakan keluarga besar. Untuk itu kita harus menjaga diri kita dan keluarga besar sekolah kita dari api neraka. Baik diri kita sebagai murid, sebagai guru, sebagai pekerja yang ada di sekolah, maupun sebagai orang tua murid yang bergaul dengan keluarga besar sekolah ini.