Spiga

Liburan Bukan Waktu Untuk Dihabis-Habiskan

Rasanya memang asyik menyambut liburan panjang. Apalagi menikmatinya. Sedaaap… kaya es krim. Bubuhan gaul bisa pusing tujuh keliling untuk menghabiskan waktu liburan ini. Sebulan men! Untuk apa ya? Kita kan biasanya sekolah. Paling-paling libur hanya sehari. Itu cukup untuk bayar utang begadang semalaman. Lha ini sebulan!

Mau guring (or ngorok) terus, paling bertahan sepekan. Berikutnya udah bosen. Jalan-jalan sepekan, berikutnya.... keliling. Ke rumah nenek, ke rumah kakek, ke rumah tante, ke rumah om, ke rumah teman, ke rumah sodara-sodara... ke rumah cucu kali ya. Itu pun hanya sepekan. Dua pekan lagi ngapain? Bisa mati berdiri nih.

Mo cari kerjaan gak punya koneksi, mo cari proyek biasanya tiga bulan sekali, mo ngrusakin motor udah ada layanan service n asuransi. Ahhh terserahlah mo ngapain kek yang penting isi waktu biar libur nggak ngluyur n jadi ngawur.

Nih dia napa bingung? Banyak orang yang kekurangan waktu, Gue kok kehabisan waktu untuk ngapain. Bisa ditendang sama yang buat waktu. kapok.

Kalo mau yang santai, jalan-jalan, atau malas-malasan di rumah untuk menghabiskan waktu liburan. Bagi bubuhan gaul yang serius, bisa bantu ortu, kerja sampingan, bahkan ada yang belajar lebih giat untuk memperdalam pengetahuan spesialisasi. Ada juga yang buat acara khusus liburan, seperti: camping, study tour, magang, ikut pelatihan or kursus, and etc...etc. Kebanyakan bubuhan gaul yang serius ini nih, jadi orang-orang yang sukses liburannya. Napa? Because udah siap-siap liburan sebelum waktu libur. (Lho bukannya liburan itu maunya nyantai, kok malah disiapin?) Bukan hanya seneng libur tapi gedubrrrraaak waktu libur datang aku ngapain gih? Jadilah pengangguran beneran selama sebulan.

Biar liburan kita ada asilnya ikuti beberapa hal berikut ini:

1. Coba instrospeksi diri, apa sih kekuranganmu selama ini? Dalam bidang apa yang sekiranya masih kedodoran. Example: pelajaran, skill (keterampilan---tahu?), keuangan, pengalaman, bahasa, etc n etc. Kalo kamu gak tahu kekurangan dirimu, beh! kamu jadi orang hebat karena kamu jadi orang super ... jeblok. Ngaca dong.
2. Cari info gimana meng-up grade kekuranganmu itu. Kepada siapa, di mana, dst. Tanya ke teman, kerabat, handai tolan., koran, majalah, internet, apa aja. Jieeh.
3. Tetapkan prioritas sesuai minatmu untuk mengisi liburan. Biasanya di luaran banyakl sekali paket liburan yang ditawarkan. Kalo gak diprioritaskan kalian bisa ngaco asal ikut paketnya, gak sesuai target hasilnya.
4. Ngiter-ngiter cari tempat yang pas sesuai minat dan keinginanmu tentang apa yang pengen di-up grade.
5. Jangan lupa sesuaikan dengan persiapan anggaran belanjamu. Nah bagi yang pengen kerja, khan perlu modal untuk transport n konsumsi. Kecuali bisa kerja di tempat nyokap, sodara ato hubungan nepotisme yang lain. Modal ditanggung, man! Alias gratiss!
6. Cari info juga tentang isi paket liburan itu, bagaimana seluk-beluknya, apa yang perlu disiapin, kapan waktu mulai n berakhir, yang utama cocok gak dengan tujuan kamu. Nah urutan no. 1 – 6 ini kalo bisa sebelum waktu liburan datang sudah dapat. Jadi pas liburan tinggal ikuti urutan berikutnya.
7. Kalo sudah siap, daftarin diri, persiapkan segala amunisi, Hurrah, liburan datang! Syukur-syukur urutan ini juga sudah siap saat menjelang libur. Jadiii...

Tinggal berangkat dengan tenang ke alam liburan yang telah dipersiapkan. Selamat! Bubuhan gaul gak perlu lagi diucapin: Turut Berduka Cita Atas Datangnya Liburan Tahun Ini, karena kamu tidak mempersiapkan diri!