Spiga

Berdakwah Apa Harus Terkenal?

Pertanyaan di atas bisa dijawab dengan ya atau tidak. Memperjuangkan kebaikan kebaikan ataupun berdakwah memang perlu kekuatan yang besar. Baik kekuatan fisik maupun kekuatan ruhani serta kekuatan modal yang melandasinya tentunya agar bisa mengarahkan audiens kepada kebaikan yang diinginkan.

Namun jika seseorang yang memperjuangkan kebaikan tersebut masih kecil atau baru mulai membangun pondasi bagi langkah-langkah selanjutnya. Maka nilai keterkenalan tersebut sangat diperlukan. Terkenal akan menjadi modal untuk bisa didengar oleh audiens dan bisa memperngaruhi audiens. Nah, karena masih kecil itulah ada baiknya sang pejuan memperkenalkan diri agar menjadi ‘terkenal’. Apalagi jika berdakwah dan memperjuangkan kebenaran ini melalui tulisan dan media seperti blog, sebagaimana umumnya pemakai media mutahir.

Untuk menjadi terkenal inilah ada baiknya memperkenalkan diri di media iklan baris gratis. Iklan baris gratis ini memang menguntungkan. Paling tidak tanpa mengeluarkan uang bisa akan dikenal. Dengan memanfaatkan iklan baris gratis, bisa sering-sering tampil sesuai dengan kemauan kita.

Kekurangan memanfaatkan iklan baris gratis dengan kita harus sering untuk mengisinya agar juga sering di lihat dan dibaca oleh orang lain. Kadang-kadang iklan baris gratis kurang dipercaya oleh orang lain, yaitu tadi karena gratisan. Jika sudah dikenal sebaiknya orang yang mengajak kepada kebaikan tersebut tidak meninggalkan tujuan utamanya.

Namun demikian jika, penyeru kepadakebaikan tersebut tetap konsisten sesuai perjuangannya dan yakin kepada kebenaran yang ia bawa, maka dengan sikap tawadhu’, itu juga menjadi iklan baris gratis bagi dirinya. Dan bisa jadi ia terkenal akan ketawadhu’annya. Kalau sudah demikian, untuk apa lagi harus menawarkan diri di iklan baris gratis? Tapi yang paling baik adalah dengan tetap terkenal tapi tetap menjaga ketawadu'an.

0 comments: